Usia remaja merupakan usia yang cukup rentan karena dianggap masih mudah dipengaruhi oleh beberapa hal di sekeliling mereka. Oleh sebab itu, remaja di katakana adalah masa masa untuk menemukan jati diri seseorang. Namun pernahkah anda melihat kenakalan yang dilakukan oleh remaja? Mulai dari kenakalan wajar hingga kenakalan yang cukup berat dilakukan oleh seorang remaja yang mengakibatkan kerugian untuk orang lain dan juga lingkungannya. Apakah kenakalan remaja tersebut dapat dianggap normal? Dan apa saja penyebab kenakalan remaja terutama dari lingkungan sosialnya?

Ada beberapa pendapat yang mengungkapkan bahwa, kenakalan remaja biasanya dianggap sebagai sesuatu yang wajar, asalkan masih terbilang memiliki batas atau mampu dikendalikan. Tapi bagaimana jika kenakalan remaja tersebut tidak dapat dikembalikan sehingga membuat keluarga mau pun lingkungannya mengalami kerugian?
Lalu apa yang sebenarnya melandasi perbuatan remaja tersebut sehingga menjadi lupa diri? 

Berikut ini adalah penyebab kenakalan remaja di lingkungan sosialnya:
1. Keluarga tidak pernah mensosialisasikan ke pada anak mengenai nilai-nilai moran dan sosial
2. Orang tua sebagai role model tidak pernah menampilkan perilaku dan nila-nila sosial di rumah ke pada anak
3. Kurangnya perhatian yang diberikan orang tua terhadap anaknya. Orang tua kurand peduli dengan perkembangan anak mulai dari aktifitasnya, dengan siapa anak mereka berteman di sekolah mau pun di luar sekolah dan apa saja yang akan lakukan di luar rumah.
4. Orang tua tidak menerapkan kedisiplinan terhadap anak sehingga anak terlalu leluasa melakukan apa pun yang dia mau.
5. Anak dan orang tua memiliki kualitas hubungan yang kurang baik atau sangat rendah. Di mana orang tua tidak pernah berbicara empat mata dengan anak mereka
6. Orang tua memperlihatkan perilaku yang agresif dan juga konflik yang selalu terjadi di keluarga mereka dan anak harus menyaksikannya dalam pertumbuhan mereka.
7. Tinggnya kemiskinan juga menjadi faktor penyebab kenakalan remaja
8. Tidak adanya pengawasan orang tua terhadap anak mereka dikarenakan orang tua tinggal jauh dari anaknya. Padahal peranan orang tua tetaplah yang terpenting untuk mengembangkan karakter anak.
9. Adanya saudara kandung atau tiri yang menggunakan obat-obat terlarang atau melakukan kenakalan remaja.
10. Meski keluarga menjadi faktor utama kenakalan remaja, tapi lingkungan baru juga bisa membuat seorang anak tumbuh dengan perilaku yang tidak wajar serta menimbulkan kerugian baik bagi diri mereka sendiri, keluarga dan bahkan lingkungan.

Kenakalan remaja bukannya tidak dapat dihentikan ketika meski sudah terlanjur tapi ada baiknya sebelum melakukan langkah untuk mengatasi kenakalan remaja, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab kenakalan remaja di lingkungan sosialnya. Baik dari keluarga mau pun dari sekitar mereka.

Leave a Reply