Kesenjangan sosial merupakan seuatu yang terjadi pada suatu Negara. Di mana perbedaan antara orang miskin dan orang kaya memiliki selisih yang begitu jauh. Jika di suatu Negara tersebut ada masyarakat yang memiliki kekayaan luar biasa melimpah hingga mereka dapat hidup dengan sangat mewah dan berfoya-foya. Sementara di sisi lain ada masyarakat yang mengalami kesusahan hingga untuk makan saja tidak memiliki uang dan mereka juga harus tinggal di rumah yang sangat memprihatinkan. Ini lah yang disebuh dengan kesenjangan sosial. Lalu apa saja, faktor-faktor dari kesenjangan sosial?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kesenjangan sosial yang hingga saat ini belum mampu diatasi oleh pemerintah, sehingga masih dianggap mimpi bagi Negara tersebut.

Berikut Ini Merupakan Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

1. Perbedaan sumber Daya Alam

Salah satu faktor utama kesenjangan sosial adalah, karena perbedaan sumber daya alam yang dapat menjadi faktor paling berpengaruh terhadap perekonomian suatu daerah.

2. Kebijakan Pemerintah

Selain sumber daya alam, kebijakan pemerintah juga mampu menyebabkan kesenjangan sosial. Contohnya saja, kebijakan mengenai program transmigrasi. Ketika warga pendatang lebih cepat maju dibanding dengan warga asli daerah tersebut, maka dapat menyebabkan ketimpangan sosial di daerah tersebut.

3. Pengaruh Globalisasi

Salah satu faktor ketimpangan sosial adalah pengaruh globalisasi. Kemajuan dan peningkatan globalisasi akan mampu membuat kemajuan bagi daerah yang dapat memanfaatkannya. Sebaliknya, jika daerah tersebut tidak mampu memanfaatkannya maka daerah tersebut akan mengalami keterpurukan karena gagal memanfaatkan kemajuan globalisasi.

4. Faktor Demografis

Perbedaan demografis ini memiliki kaitan yang erat terhadap penduduk daerah tersebut. Mulai dari jumlah penduduk di daerah tersebut, tingkat pendidikan, tingkat kesehatan sehingga membuat perbedaan padsa kondisi sumber daya manusia di daerah tersebut. Sehingga perbedaan demograftis [ada suatu daerah menjadi penyebab adanya ketimpangan sosial. Hal ini diakibatkan produktivitas kerja masyarakat pada daerah tersebut. Semakin tinggi produktifitas masyarakat pada daerah tersebut, maka semakin mudah untuk memajukan daerah tempatnya tinggal.

5. Letak dan Kondisi Geografis

Letak dan kondisi geografis yang ada pada daerah tersebut menjadi salah satu penyebab ketimpangan sosial yang umumnya terjadi. Biasanya masyarakat yang tinggal di daerah yang lebih rendah mampu memajukan daerahnya dan membuat beragam infrastruktur yang lebih mudah. Bandingkan dengan mereka yang tinggal di dataran tinggi, mereka memerlukan waktu dan biaya yang jauh lebih banyak untuk membangun infrastruktur di tempat tinggal mereka. Sehingga mereka menjadi terisolasi di daerahnya dan jauh dari pusat kota. Hal ini dapat menyebabkan ketimpangan sosial. Sehingga mereka yang hidup di daratan rendah dan datar akan lebih mudah maju dibandingkan mereka yang hidup di pegunungan dan tempat yang sulit untuk dijangkau.

Leave a Reply